Archive for the Category » Ideologi «

Untukmu yang kamu tahu siapa

rainApa kabar? Apakah Kamu sudah tersenyum hari ini? Aku harap demikian, karena Aku percaya, selalu percaya, mendung kelam yang menimpa hari-hari belakangan. Adalah karena Kamu menyembunyikan sinar matahari hangat itu dalam cemberut wajahmu yang teduh itu. Tahukah kamu ? Seperti halnya hari-hari dalam bulan Desember, hujan tak lagi datang dengan menyapa. Ia datang datang tiba-tiba, tanpa pamit, seringkali diam diam. Serupa kentut yang tak tertahan, berhembus diantara barisan awan mendung yang kelam itu. Karena entah mengapa, mungkin langit dan seluruh umat manusianya lupa akan indahnya senyum yang mampu kamu buat itu.

Adakah Kamu senang hari ini ? Aku mencintai mendung, mendung yang gelap, mendung yang muram dan mendung yang lelet. Entah mengapa mendung itu selalu syahdu buatku, selalu tenang, dan selalu lekat. Seolah olah segala waktu itu melambat dalam segala keabu-abuan. more »

Cinta yang sama

Bernu-milestiba-4Jauh kita  berjalan tak berasa memasuki tahun ke 5, Aku masih sama seperti sebelumnya, masih memujamu dengan manja, masih tertegun saat mendengarkan berbagai teori yang Engkau lontarkan apa lagi mengenai Watson, ya Watson. Sebuah smarter computing  yang mampu menangkap daya imajinasi seluruh umat manusia komputer pintar  racikan IBM yang mengunakan kecerdasaan buatan dimana seluruh aspek kehidupan manusia bisa dilakukannya, Komputer paling cerdas ini menerapkan sistem POWER 7  yang mampu menganalisis jutaan data dan memproses ribuan pekerjaan secara bersamaan dengan cepat. Dan setiap kali kita memulai pembicaraan, aku selalu menemukan hal yang tak biasanya. Tetapi itu membuat otakku menerima nutrisi dan makanan sehat. Membuatku semakin bertumbuh, berkembang, berfikir positif, menggunakan logika dan lebih bijak dalam menyikapi segala hal. Engkau juga masih sama meski kita berjalan kadang tak selalu bersama, tak dapat bergandeng tangan, berbeda pendapat, berdebat keras, namun kita selalu menemukan arah untuk berlabuh kembali pulang.

Dan sejauh  ini kamu saja yang ingin kudekatkan pada hidupku. Tak terpikir untuk menjauh darimu. Kamu akan kubawa menghadapi hari-hari melaju bersama rencana-rencana dan penuhnya impianku. Hanya kamu yang kupercayai untuk kujadikan tempat berbagi. Sebab itu, teguhkanlah hatimu kepadaku. Denganku saja kamu akan meneruskan sisa hidupmu. Aku menginginkanmu memilikiku sepenuh hatimu. more »

kekasihku

kekasih Banyak hal yang  harus di lalui dimuka bumi ini, namun hal yang perlu kita sadari bahwa  tak hanya ada  hitam dan putih yang akan kita nikmati, mungkin saja warna-warni tiba-tiba datang menghampiri dan itu akan membuat kita semakin mengenal hal-hal yang akan  menjadikan kita manusia yang lebih kuat lagi. Menjadi lebih dewasa lagi. Setiap tindakan adalah pertempuran melawan diri sendiri. Meski tak jarang selalu melibatkan orang lain. Banyak yang akhirnya sampai dengan selamat. Ada pula yang sampai dengan cara tertatih dan sangat lambat. Namun katamu mereka sampai pada titik yang memang harus diperjuangkan. Berjuang sendiri dan merasakan kebahagiaan yang tak pernah bisa dijelaskan.  Orang-orang seperti inilah  yang akan menjadi selalu lebih paham, arti dari sebuah kerja keras dan arti  gejolak kehidupan.  Sebab, banyak hal tak  didapatkan dengan mudah. Tak jarang memang harus berkerja melebihi dari yang biasanya. more »

Filosofi truk Sampah

garbage-truckApa yang terfikir dibenak kita, saat sekawanan samurai terbuat dari huruf datang menyerang, memecah harga diri seperti bongkahan es yang mencair. Seberapa seringkah kita  membiarkan orang lain mengubah mood kita? Apakah kita membiarkan supir bemo yang sembrono, pramusaji yang kasar, bos yang emosi, atau rekan kantor yang tidak  memiliki perasaan  menghancurkan hati kita? Hati kita diciptakan begitu sempurna hati kita  tidaklah terbuat dari segumpal plastik yang dirakit menjadi robot bernyawa, ya terkecuali kita memang memiliki naluri menjadi robot  dengan sadarnya kita akan membalas memaki, memarahi mereka.

Banyak orang seperti truk sampah. Mereka berjalan dengan penuh sampah, penuh dengan frustasi, penuh amarah, dan penuh dengan kekecewaan. Dan ketika sampah-sampah mereka mulai menumpuk, mereka perlu tempat untuk membuangnya. Dan tanpa kita sadari, mereka akan membanjiri sampah-sampah tersebut  pada diri kita. Bila seseorang ingin membuang sampah pada diri kita, jangan disimpan dalam hati. Kita hanya perlu tersenyum, melambaikan tangan, dan berharap mereka cepat pulih, dan kita  tetap dapat melanjutkan kembali  pekerjaan yang sudah menanti sentuhan dari pemikiran kita. Dan satu yang harus di yakini dengan pasti hati kita akan senang, jauh lebih baik setelah melakukannya. more »

Serutan & Cermin

serutanSebagai manusia, kita memiliki peran yang berbeda, dalam situasi yang berbeda dan dengan keterlibatan orang-orang yang berbeda pula. ada saatnya kita harus berlaku keras  dan tegas, berbagai macam prilaku yang timbul  pada diri kita memang harus disesuaikan  dengan kondisi dan suasana tertentu>

kita tak dapat merubah segala sesuatu dengan cepat seperti membolak-balikan telapak tangan, namun semua  orang  bisa melakukannya dan berpotensi untuk berhasil, saat keadaan menuntutnya untuk melakukan sebuah perubahan yang berarti  setidaknya di awali dari diri sendiri  dengan script kehidupan yang ingin kita lakoni.

Dan ada baiknya kita belajar dari filosofi terdalam serutan dan cermin sebelum kita belajar memperbaiki segala sesuatu ada baiknya kita bercermin, bercermin melihat apa yang salah, apa yang sudah kita perbuat, belajar untuk menoleh kebelangkang sebagai pembelajaran berarti untuk melangkah lebih berhati-hati, saat mata tak mampu melihat yang tak dapat terlihat. tanyakan pada hati ada baiknya sesering mungkin mendengarkan kata hati yang rasional. more »